J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.
Karateristik dari perangkat mobile, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pengembangan program untuk perangkat ini. Kita akan diperkenalkan kepada Java 2 Mobile Edition (J2ME), termasuk pentingnya configuration dan profilenya.
Pada akhir bab ini, pelajar diharapkan dapat menguasai :
- Mengidentifikasi karakteristik dari perangkat mobile
- Menjelaskan arsitektur J2ME
- Mengetahui peran atau aturan configuration dan profile
- Mengidentifikasi API yang disediakan oleh MIDP
- Menjelaskan daur hidup MIDlet
Spesifikasi MIDP, kebanyakan seperti CLDC dan API lainnya sudah digambarkan melalui Java Community Process (JCP). JCP melibatkan sebuah kelompok ahli berasal dari lebih dari 50 perusahaan, yang terdiri atas pabrik perangkat mobile, pengembang software. MIDP terus berkembang, dengan versi-versi masa depan yang telah lulus dari proses ketat JCP. Suatu aplikasi MIDP disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (dan memang harus tidak mempunyai) sebuah method public static void main(String[] argv).Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh AMS sebagai titik awal sebuah program.
Mobile Platformi:
- Izin = Java ME, BREW, Windows mobile, LiMo
- Hak milik = Palm, Blackberry, iPhone
- Open source = Android
Double tap – touch and hold – drag – flick – pinch open -pinch close
Tipe Mobile Aplikasi
SMS, Website mobile, Mobile web widget, mobile web application, native application, game
Masalah Aplikasi Mobile
- Konteks
- Layout
- Typografi
WHO? – Apa yang Anda ketahui tentang mereka? Apa jenis perilaku yang dapat Anda menganggap atau memprediksi tentang pengguna?
WHAT? – Apa keadaan dimana pengguna akan terbaik menyerap konten Anda berniat untuk hadir?
WHEN? – Lama waktu luang? Waktu sibuk? Waktu idle?
WHERE – Publik atau swasta? Di dalam atau di luar? Siang atau malam?
WHY? – Apa nilai yang akan mereka peroleh dari konten atau layanan dalam situasi mereka saat ini?
HOW? – Di tangan atau di saku? Terbuka atau tertutup? Portrait atau landscape?
Layout
Perangkat yang berbeda -> resolusi yang berbeda -> layout yang berbeda
Typografi
Teks dapat diberikan dengan cara yang berbeda pada layar ponsel
Font Yang Biasanya Digunakan
Untuk web:
- Arial/Helvetica
- Arial Black
- Comic Sans MS
- Courier/Courier New
- Georgia
- Impact
- Times/Times New Roman
- Trebuchet MS
- Verdana
- Arial/Helvetica
- Courier/Courier New
- Georgia
- Times/Times New Roman
- Trebuchet MS
- Verdana
Suara Pada Mobile
Berasal dari:
- Ringtone
- Game
- Music player
Format Animasi
Format Video
No comments:
Post a Comment